HOW TO: WHV Part 2 - Mengajukan Work and Holiday Visa Australia ke AVAC Jakarta

Sudah berhasil mendapatkan Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (Letter of Government Support) dari pihak Imigrasi? Kalau sudah berhasil, saya akan jelaskan tahapan selanjutnya untuk mendapatkan Work and Holiday Visa Subclass 462. Namun bagi yang belum mengetahui tahap awal pembuatan visa ke Australia ini, sebaiknya baca terlebih dahulu bagian pertama permohonan visa bekerja dan berlibur tersebut di sini ya.

Sebenarnya boleh dibilang hal yang paling menjengkelkan adalah menunggu jadwal wawancara yang kadang tak kunjung datang itu. Menurut pengalaman sendiri, saya butuh waktu sekitar delapan bulan untuk akhirnya bisa wawancara dengan petugas Imigrasi. Hampir setiap hari, saya selalu buka situs imigrasi hanya untuk mengecek jadwal wawancaranya. Belum lagi kalau tiba-tiba situsnya lama / tidak bisa dibuka --mungkin karena trafik yang super padat-- buat saya jadi suka gigit jari. Tapi, kalau sudah dapat panggilan, rasa sebal dan lelah menunggunya jadi terbayarkan. Saya mendaftarkan diri pada bulan Juli dan baru dapat panggilan di bulan Januari tahun depannya. Trust me, ini bukan waktu yang sedikit.

Seperti apa sih wawancaranya?

Sewaktu hari wawancara tiba, saya pun berangkat sendiri ke Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi yang ada di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan (masih satu area dengan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Hanya para peserta yang memiliki undangan saja yang diperbolehkan untuk mengikuti wawancara. Undangan tersebut biasanya dikirimkan ke email beberapa hari sebelum tanggal wawancara sehingga kita bisa mempersiapkan berkas dengan semaksimal mungkin. Jikalau ternyata ada yang tidak mendapatkan email undangan namun namanya tertera di jadwal wawancara, maka masih dianggap terdaftar sah pada tanggal yang telah ditentukan itu. Cukup cetak jadwal tersebut lalu tunjukkan ke petugas Imigrasi saja.


Proses wawancaranya sendiri tidak memakan waktu lama, rata-rata hanya sekitar 5-10 menit saja per orang. Tapi karena sistemnya First Come First Serve, maka datang ke lokasi lebih awal akan jauh lebih baik. Pertanyaan yang ditanyakan oleh petugas pun bukan sesuatu yang sulit, hanya beberapa pertanyaan sederhana seperti "Kenapa mau datang ke Australia?", "Mau tinggal di mana nanti?", "Apa ada kenalan di sana?". dan sebagainya. Dalam jangka waktu seminggu bahkan kurang, saya sudah berhasil mendapatkan surat sakti tersebut. Tapi yang perlu diingat kalau prosesnya bisa bervariasi bagi setiap orang ya. Saran saya, perbanyaklah networking kamu selama sesi wawancara ini berlangsung karena akan sangat membantu sekali di masa yang akan datang. Syukur-syukur kalau kamu bisa berhasil menemukan teman seperjalanan dan seperjuangan nantinya.


Apa yang harus dilakukan setelah dapat SRPI?

Hal pertama yang wajib diperhatikan setelah berhasil mendapatkan SRPI adalah batas waktu. Seperti yang sudah ditulis pada artikel pertama bahwa surat sakti dari Imigrasi itu hanya berlaku selama 30 hari sejak tanggal dikeluarkan. Maka dari itu, saya mesti cepat-cepat melakukan tahapan lainnnya seperti pemeriksaan medis dan permohonan visa ke AVAC. Pada posisi ini, kita dibebaskan untuk memilih apakah mau melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu atau belakangan setelah mengajukan permohonan visanya. Nah, kalau saya pilih untuk medical checkup duluan.

Apa yang harus disiapkan untuk pemeriksaan medis?

Yang paling penting saat melakukan pemeriksaan medis atau bahasa kerennya Medical Checkup (MCU) adalah kita harus sehat jasmani dan rohani. Tentunya supaya hasil pemeriksaannya bagus dan tidak ada masalah sama sekali. Pemerintah Australia sangat ketat sekali dalam hal kesehatan, bahkan visa kita bisa ditunda penerbitannya kalau ternyata ada indikasi penyakit tertentu. Jangan melakukan pemeriksaan ketika sedang tidak dalam kondisi yang prima termasuk di dalamnya haid bagi perempuan.

Berhubung saya MCU sebelum mengajukan permohonan visa, maka ada beberapa hal yang mesti dilakukan terlebih dahulu yaitu membuat ImmiAccount untuk mendapatkan health identifier (HAP ID) baru mendaftar di rumah sakit yang telah ditunjuk khusus. Kedua hal ini sangat mudah dilakukan dan bisa diselesaikan dalam hitungan menit saja. Buat kamu yang belum pernah registrasi ImmiAccount, bisa langsung daftar di sini.


Sebagai informasi bahwa tidak semua rumah sakit dapat dijadikan rujukan untuk pemeriksaan medis ini. Hanya rumah sakit yang sudah ditunjuk saja yang bisa memproses MCU khusus visa Australia. Di Jakarta sendiri cuma ada 2 rumah sakit yang bisa dipakai untuk pemeriksaan yaitu RS Premier Bintaro dan RS Premier Jatinegara. Kebetulan rumah saya dekat sekali dengan RS Premier Bintaro, maka saya pilih untuk MCU di sana. Caranya, cukup buat temu janji melalui telepon dan tentukan harinya. Nah, pada saat ini kita akan diminta untuk menyebutkan health identifier (HAP ID) yang bisa diperoleh dari akun ImmiAccount di atas.

Seperti dikutip dari situs RS Premier Bintaro, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh setiap peserta yang ingin melakukan MCU Visa Australia diantaranya:
1. Tidak perlu puasa dan dianjurkan banyak minum air putih. Beberapa kawan bilang kalau minum susu beruang bisa membantu mengoptimalkan kondisi tubuh sehingga hasil pemeriksaannya bisa menjadi semakin baik. 
2. Membawa paspor asli / fotokopi paspor yang dilegalisasi asli dari kedutaan. Jikalau tidak membawa fotokopi paspor, biasanya petugas rumah sakit akan membantu membuatkan fotokopinya.
3. Membawa KTP atau akte kelahiran jika paspor ada di kedutaan.
4. Membawa pengantar dari kedutaan (HAP ID), cukup disebutkan atau ditunjukkan saja kodenya.
5. Tidak dalam kondisi menstruasi. Jika ternyata pada saat hari pemeriksaan, baru mulai haid maka petugas rumah sakit akan memberikan waktu tunda sampai periodenya selesai. Jangan lupa buat temu janji penggantinya.
6. Membawa kacamata jika pakai kacamata.
7. Membawa atau mencatat obat-obatan yang dikonsumsi, jika ada penyakit atau sedang dalam pemakaian obat tertentu.



Apa saja pemeriksaan medis yang dilakukan?

Pada saat MCU, saya melalui beberapa pemeriksaan diantaranya pemeriksaan fisik, urin, mata, x-ray dada dan umum. Kita akan diberikan baju pengganti untuk mempermudah pemeriksaan nantinya, jadi saran saya pakai baju santai saja dan tidak usah bawa barang terlalu banyak. Setelah mengisi formulir identitas di bagian resepsionis, kita akan diminta untuk duduk menunggu antrean bersama pasien lainnya. Biaya MCU sebesar Rp. 895,000.- akan dibayarkan belakangan setelah semua proses pemeriksaan selesai.

Pertama kali yang diperiksa adalah kondisi fisik yang terdiri dari pengukuran tinggi dan berat badan, lalu diikuti dengan cek tekanan darah. Selanjutnya adalah pemeriksaan urin. Semakin bening urin kita, tandanya semakin bagus hasilnya. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih sebelumnya. Setelah itu pemeriksaan mata. Kebetulan saya pengguna kacamata minus, jadi saya diwajibkan untuk memakai kacamata saat pemeriksaan berlangsung. Kedua proses ini hanya memakan waktu tidak lebih dari 5 menit. Yang bikin lama biasanya adalah banyaknya antrean pasien yang mau MCU juga.


Setelah urin dan mata diperiksa, maka akan dilanjutkan dengan foto x-ray bagian dada di ruang radiologi. Saya sampai mesti ulang 3 kali, karena tulang rusuk saya ada yang tidak terlalu kelihatan. Mungkin efek tumpukan lemak kali ya. Hahaha.. Tapi ini justru yang paling penting karena Pemerintah Australia mewajibkan foto x-ray dengan bagian tulang rusuk (dada) terlihat secara jelas. Untungnya tidak ada masalah dengan hasil pemeriksaan saya meskipun harus diulang sampai beberapa kali.

Nah, yang terakhir adalah pemeriksaan umum termasuk di dalamnya pemeriksaan anggota tubuh dan wawancara dengan dokter khusus. Waktu itu saya dibantu oleh dr. Erlynda Taufik. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu anggota tubuh kita satu per satu secara garis besar. Pada tahap ini, kita akan diminta untuk menanggalkan baju dan celana --hanya pakai pakaian dalam saja. Setelah itu, barulah tahap wawancara. Pertanyaan yang dilontarkan seputar masalah kesehatan tubuh dan jiwa. Ini adalah sesi terakhir pemeriksaan. Total waktu yang saya habiskan untuk melalui seluruh rangkaian prosesnya adalah 1 jam.

Biasanya jika tidak ada gangguan apa-apa pada kesehatan, sang dokter akan langsung mengirimkan hasil medical checkup ke kedutaan Australia. Jadi, boleh dibilang hingga pada tahap ini, yang perlu dilakukan hanyalah menunggu. Kalau penasaran sama hasilnya, boleh minta tolong ke bagian resepsionisnya untuk mengirimkan berkas-berkas pemeriksaan ke email kita. Berhubung sudah yakin dengan kondisi sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan permohonan visa ke Australia Visa Application Centre (AVAC) sekitar 2 hari setelahnya.
Apa yang perlu disiapkan untuk AVAC?

Pada dasarnya, dokumen yang saya submit ke AVAC itu sama dengan dokumen SRPI. Hanya saja ada tambahan HAP ID dan kwitansi medical checkup sebelumnya. Enaknya kalau sudah MCU terlebih dahulu adalah kita tidak perlu menunggu terlalu lama dari biasanya. Saya tinggal masukkan berkas-berkas dan menunggu keputusan visa saya apakah disetujui atau tidak. Oh ya, walaupun seluruh dokumen yang telah kita submit itu sudah lengkap dan sempurna belum tentu visa kita langsung disetujui. Bisa saja karena sesuatu hal, visa kita ditolak dan uang kita hangus begitu saja. Jadi, jangan lupa banyak-banyak berdoa juga ya.

Untuk kamu yang belum tahu AVAC itu apa, ada baiknya baca sedikit kutipan dari situs VFS Global berikut ini:
AVAC merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh PT VFS Services Indonesia yang berhubungan dengan visa, termasuk penerimaan dokumen-dokumen permohonan visa dan biayanya, dan untuk pengembalian hasil pengajuan visa kepada pemohon yang bersangkutan (Bila pemohon memiliki alamat surat elektronik (surel)/email, maka hasil pengajuan visa akan langsung dikirimkan ke alamat surel pemohon oleh Kedutaan Australia). Layanan dan operasional yang disediakan oleh AVAC adalah sesuai dengan standar peraturan layanan pelanggan yang dimiliki oleh Australian Government Department of Immigration and Border Protection (DIBP).

Permohonan pengajuan visa secara langsung (tanpa membuat temu janji) ke AVAC, saat ini akan dikenakan biaya IDR 115,000,- di luar biaya visa. Kalau tidak mau dikenakan biaya, kita diwajibkan untuk daftar antre dulu secara online. Jadi, ada baiknya buatlah temu janji terlebih dahulu sebelum pergi ke sana. Caranya mudah sekali yaitu tinggal mengisi form Aplikasi Temu Janji yang bisa diakses di situs VFS Global atau bisa klik di sini. Setelah itu kita tinggal datang pada hari yang telah ditentukan dan masukkan seluruh berkas yang diminta.

Apa saja berkas yang harus diserahkan ke petugas AVAC?

Seperti yang sudah disampaikan, dokumen yang diberikan ke petugas adalah sama dengan berkas permohonan SRPI. Namun ada beberapa dokumen tambahan lainnya. Info lengkapnya sebagai berikut:

1. Formulir 1208 yang diisi secara lengkap menggunakan huruf kapital semua. Ini adalah formulir pengajuan visa bekerja dan berlibur khusus subkelas 462. Boleh diketik komputer atau tulis tangan, hindari coretan atau tip-ex.

2. Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI) yang dicetak di kertas A4. Tanpa adanya SRPI ini kita tidak bisa mengajukan Work and Holiday Visa. 

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jangan lupa fotokopi di kertas A4, tidak perlu digunting.

4. Paspor asli dengan masa berlaku 18 bulan dan fotokopi paspor halaman identitas di kertas A4, tidak perlu digunting.

5. Akte kelahiran dan kartu keluarga beserta masing-masing fotokopinya.

6. Ijazah dan transkrip nilai atau surat keterangan masih mahasiswa dari kampus (bagi yang belum lulus kuliah). Bawa fotokopinya, tidak perlu dilegalisasi.

7. Sertifikat IELTS, fotokopi 1 lembar.

8. Surat keterangan bank / bank reference asli. Bisa pakai bank reference yang dipakai untuk pengajuan SRPI waktu itu. Jadi yang perlu diserahkan ke pihak Imigrasi yang fotokopi saja, sedangkan surat aslinya diserahkan ke AVAC.

9. Pas foto ukuran 35 mm x 45 mm dengan warna latar belakang putih atau boleh bebas. Ini juga bisa pakai foto yang diajukan untuk memperoleh SRPI kemarin. Jadi tidak perlu foto lagi.

10. Kwitansi medical checkup bagi yang sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu beserta nomor HAP ID. 

11. Resi pembayaran visa yang didapatkan setelah membayar lunas di konter AVAC. Sebenarnya ada beberapa cara pembayaran visa yaitu bayar tunai di konter AVAC, tunai di loket bank atau dengan kartu kredit. Jika memilih untuk menggunakan kartu kredit akan dikenakan additional charge 3%.
12. Curriculum Vitae, namun ini opsional. Boleh dilampirkan atau tidak juga tidak apa-apa.

Sampai dengan artikel ini ditulis, biaya visa yang diharus dibayarkan adalah Rp. 4,840,000.-. Berhubung saya direct lodge in tanpa temu janji (walk-in appointment), maka saya dikenakan biaya tambahan Rp. 115,500.- lagi. Lalu ada biaya logistik sebesar Rp. 165,000.-. Jadi saya harus mengeluarkan uang dengan total Rp. 5,120,500.- yang disetorkan tunai ke petugas AVAC. 


Proses lodge in yang saya lalui di atas tidaklah memakan waktu lama, mungkin karena saya datang pada hari Senin sehingga tidak ada banyak antrean. Begitu sampai di Kuningan City Lantai 2, saya langsung masuk ke gerbang AVAC khusus visa UK dan Australia. Petugas keamanan akan menanyakan kita apakah sudah buat temu janji dulu atau walk-in appointment. Dokumen saya juga diperiksa apakah sudah lengkap semua atau belum, setelah itu baru diberikan secarik kertas sebagai tanda sudah melalui security screening. Boleh dibilang penjagaan di sini sama ketatnya dengan keamanan di kedutaan. Ada beberapa security officer dan metal detector di gerbang masuknya. Tidak diperbolehkan membawa laptop ke sana jadi sebaiknya tidak usah bawa apa-apa lagi selain berkas pengajuan visa.

Di dalam AVAC ada security officer lagi yang akan membantu cetak nomor antrean. Setelah itu saya tinggal mengantre saja di dalamnya. Di hari itu, saya hanya melihat beberapa orang saja yang menunggu sehingga tidak perlu antre terlalu lama agar dokumen saya bisa diproses. Kurang lebih saya hanya perlu menghabiskan 20 menit saja. Jangan lupa untuk simpan resi pembayaran visanya sebagai bukti bayar yang sah. Di resi pembayaran terdapat reference number (VLN number) yang bisa digunakan untuk melacak status aplikasi visa kita. Untuk melacak status aplikasi visa kamu, bisa klik di sini.

Petugas AVAC akan menyampaikan kepada pemohon bahwa hasil keputusan visa akan diberitahukan maksimal 14 hari dari tanggal pengajuan. Untuk kasus saya pribadi, saya mengajukan tanggal 29 Januari dan baru granted tanggal 5 Februari. Kurang lebih sekitar 5 hari kerja prosesnya.

Sampai kapan masa berlaku WHV?

Work and Holiday Visa berlaku selama 12 bulan penuh terhitung sejak tanggal kedatangan pertama ke Australia dan bersifat multiple entry. Jadi saya bisa bolak-balik masuk ke Negara Kangguru itu kapan pun saya mau selama masa berlaku visa aktif. Enaknya lagi, kita dibebaskan untuk bisa pergi ke sana sampai tahun depannya sehingga kita tidak perlu buru-buru pesan tiket keberangkatan setelah visa ada di tangan kita. Misalnya visa granted tanggal 5 Februari tahun ini, maka terakhir masuk ke Australia adalah sebelum tanggal 5 Februari tahun depannya. Dan visa tersebut baru diaktifkan begitu kita menginjakkan kaki pertama kali di Australia.
Visa Australia itu sifatnya paperless jadi paspor kita tidak akan ditempeli kertas visa lagi di dalamnya. Kita akan mendapatkan informasi granted visa melalui email. Di sana tertulis dengan lengkap semua informasi mengenai visa kita, termasuk di dalamnya nama kelas / subkelas visa, identitas, nomor paspor, jenis entry, tanggal terakhir kedatangan, dan kondisi visa. Untuk kondisi visa bekerja dan berlibur (conditions) yang saya dapatkan, ada 2 jenis yaitu 8547 dan 8548. Kondisi 8547 Work Limitation maksudnya pemegang visa hanya diperbolehkan untuk bekerja maksimal 6 bulan di satu perusahaan. Jadi saya harus mencari perusahaan lain jika sudah bekerja selama 6 bulan dengan perusahaan yang sekarang. Sedangkan kondisi 8548 Max 4 Months Study maksudnya saya hanya boleh belajar (atau kursus) selama maksimal 4 bulan saja, tidak boleh lebih karena ini bukan student visa. Jika pemegang visa menyalahi aturan yang sudah ditetapkan, maka akan ada konsekuensinya diantaranya pembatalan visa, ditahan oleh polisi imigrasi dan deportasi.

Jadi, begitulah persiapan sekaligus berkas-berkas yang harus diserahkan ke Australia Visa Application Centre (AVAC) nanti. Kalau ada pertanyaan seputar visa lodgement, silakan tanyakan di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

You Might Also Like

33 comments

  1. hp juga ga boleh bawa ya di AVAC ?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Hai Addie, izin taruh link web kamu di web saya ya.

    Bagi yang mau tau sistem SRPI yang baru (tahun 2018) bisa baca di:
    https://www.mochinesu.com/2019/02/mendapatkan-work-and-holiday-visa-whv.html

    ReplyDelete
  4. permisi kakak, saya mau tanya tentang formulir yang kk sebutkan di postingan kk,
    formulir 1028, formulir 1464, dan foto kk yang pertama di postingan how to get whv part 2 ini.
    apakah masih di pakai yah ? dan fungsi nya gimana sih. saya sudah baca dan masih belum paham. mohon pencerahannya. thanks alot..

    ReplyDelete
  5. Hi Kak, untuk Kartu Keluarga (KK) perlu bawa yang asli nggak saat submit dokumen ke AVAC? Thank youuu

    ReplyDelete
  6. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup


    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Ratu Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon: +62 856-9328-4991
    WhatsApp: +62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  8. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi, dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Pemberi Pinjaman Yuliana Saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    hanya Whatsapp +1 (323) 4026088
     BBM PIN (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete
  9. Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya asuransi dan biaya transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta, masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    hanya whatsapp +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  10. Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik dengan pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui
    BBM INVITE (E37F9BCC) atau via
      whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk informasi lebih lanjut
    (sarahadia234@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +19147057484

    Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia.

    Saya telah berhutang selama bertahun-tahun jadi saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya telah banyak membantu keuangan rumah, tetapi semuanya menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di salah satu blog saya, saya menghubungi konsultan kredit Rika Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +19147057484 dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal 28 Februari 2019 .

    Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pinjaman blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang berkualitas, saya tidak dapat menyimpan ini untuk saya jadi saya harus mulai dengan membagikan kesaksian ini tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

    ReplyDelete
  12. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +19147057484

    Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia.

    Saya telah berhutang selama bertahun-tahun jadi saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya telah banyak membantu keuangan rumah, tetapi semuanya menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di salah satu blog saya, saya menghubungi konsultan kredit Rika Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +19147057484 dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal 28 Februari 2019 .

    Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pinjaman blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang berkualitas, saya tidak dapat menyimpan ini untuk saya jadi saya harus mulai dengan membagikan kesaksian ini tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Halo semua di laman web ini amat gembira kerana saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya membuat bayaran untuk biaya pinjaman saya yuran insurans dan pemindahan sebelum saya mendapat jumlah pinjaman saya sebesar Rp 170.000.000 juta ke dalam detail akun saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah antara peminjam pinjaman sebenar dan ORIGINAL, anda juga boleh menghubungi Anthony Yuliana Lender jika anda memerlukan pinjaman, whatsapp sahaja +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    e-mel saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  15. Adakah anda memerlukan pinjaman segera!
    1. Pinjaman Peribadi
    2. Pinjaman Perniagaan
    3. Pinjaman Perusahaan
    3. Pinjaman Kereta
    4. Pinjaman Rumah
    5. Penyelesaian hutang
    Kami memberi kadar faedah 2% dalam masa 24 jam
    Sila hubungi kami di (Banestoloandf@gmail.com) (Whatapp +971586897671)

    ReplyDelete
  16. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi, dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Pemberi Pinjaman Yuliana Saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    hanya Whatsapp +1 (323) 4026088
     BBM PIN (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete
  17. SELAMAT DATANG DI "WEMA FINANCE" kami di sini untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik untuk Anda semua.

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.

    ADMIN
    [wemafinance0@gmail.com]

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Bunga Rendah 2%, kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:

    Nyonya HELEN WILSON
    Manajer cabang
    [helenwilson719@gmail.com]


    Nyonya HELENA HERNANDEZ
    Kepala Bagian Keuangan
    [helenahernandez432@gmail.com]

    Salam,
    ADMIN WEMA FINANCE
    [wemafinance0@gmail.com]

    Kami berharap dapat mendengar dari Anda sesegera mungkin.

    ReplyDelete
  18. Terima kasih ANTHONY YULIANA LENDERS karena memberi saya pinjaman senilai 390 juta, nama saya Zikri Adam dari malaysia, saya ingin berterima kasih kepada ALLAH atas apa yang telah ia donkan untuk saya, Anthony Yuliana Lenders sejati, saya mendapat pinjaman 390 juta dari mereka setelah saya membayar biaya muka yang merupakan asuransi pinjaman dan biaya transfer saya, terima kasih ALLAH untuk mereka yang tertarik harus menghubungi mereka
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +1 (323) 4026088
    whatsapp +971545027059
    lucianoanthony004@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Adakah anda mencari perniagaan pinjaman, peribadi pinjaman, rumah pinjaman, mobil
    pinjaman, pinjaman pelajar, hutang hutang konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, modal venture
    modal, dll. Adakah anda pinjaman oleh bank atau enggan kewangan
    ditetapkan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk
    lunasi pinjaman anda! Saya pemberi pinjaman peribadi, saya berikan
    syarikat dan perorangan dengan suku bunga rendah dan mampu
    2%. Silakan hubungi saya melalui e-mel
    (banestoloanf@gmail.com) (Whatsapp +1 (801) 6831434

    ReplyDelete
  20. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog ini dan situs web adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang untuk mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN LOAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang besar, untuk memberi mahkota semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mengucurkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana perusahaan individu dapat memberikan pinjaman ?, yang seharusnya menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya memberi tahu Anda semua kebenaran, SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak menjadi bagian dari selamat tinggal ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat kehidupan Anda, inilah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com mereka.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di fradesyriritia12@gmail.com EMAIL saya untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    ReplyDelete
  21. Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya asuransi dan biaya transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta, masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    hanya whatsapp +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  22. Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya asuransi dan biaya transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta, masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    hanya whatsapp +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  23. Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya asuransi dan biaya transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta, masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    hanya whatsapp +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  25. Halo,
    Saya Puan Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman peluang masa hidup. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Anda telah ditolak oleh bank dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau gadai janji? mencari lebih banyak lagi kerana kita berada di sini untuk membuat semua masalah kewangan anda menjadi sesuatu yang lalu. Kami memberi pinjaman kepada individu yang memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur pada perniagaan pada kadar 2%. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberitahu anda bahawa kami menyediakan bantuan yang boleh dipercayai dan benefisiari dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel di:
    (oliviadaniel93@gmail.com)

    DATA PERMOHONAN
    1) Nama Penuh:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jantina:
    5) Status Perkahwinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nombor WhatsApp:
    8) Nombor Telefon:
    9) Pendapatan bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Tempoh Pinjaman:
    12) Tujuan Pinjaman:
    13) Tarikh lahir:

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  26. WhatsApp ::: + 447456405237
    DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

    Berita Mendesak! Berita Penting !! Berita Penting
    Nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
    (1) Peminjam palsu tidak perlu meminta collatera dan tidak ada situs web
    (2) Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis
    (3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman
    (4) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine
    (5) Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik
    (6) Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans
    Daftar Sekarang "<<<<<<<< (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    E- info .... zalinadiato@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak penipu dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya tertipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

    ReplyDelete
  28. WhatsApp ::: + 447456405237
    DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

    Berita Mendesak! Berita Penting !! Berita Penting
    Nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
    (1) Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web
    (2) Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis
    (3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman
    (4) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine
    (5) Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik
    (6) Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans
    Daftar Sekarang "<<<<<<<< (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    E-info .... zalinadiato@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  30. Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik dengan pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui
    BBM INVITE (E37F9BCC) atau via
      whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk informasi lebih lanjut
    (sarahadia234@gmail.com)

    ReplyDelete
  31. Halo
    Setiap orang saya adalah Mrs.SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin berbagi Kesaksian saya karena ALLAH disukai saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua adalah penipu. Saya SCAMMED dari 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya sakit dan ada tagihan rumah sakit untuk membayar dalam jutaan, semua yang bisa saya pikirkan pada saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia mengatakan kepada saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya menjaga suami dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua pembicaraan multivasinya, dia mengajukan pertanyaan kepada kami, "APAKAH ANDA SIAP UNTUK MENGAMBIL RISIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan keberanian di jemaat kecil itu, saya berdiri dan berkata, "YA" dan kami semua diminta datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, "AKU TIDAK AKAN MEMBERIKAN UANG, AKU AKAN MENGAJARKAN BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA," dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksi melalui ibu yang hebat ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi ibu Elina's Company, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, teman saya dan saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya mengatakan dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat jadi saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapatkan pinjaman 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON PINJAMAN GLOBAL FIRM, setelah mengikuti proses hukum.
    kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, lalu ibu Novi memanggil meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di venue dan melihat expat asing di perdagangan dan investasi, kami diberikan ceramah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui konvensi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini suami saya dan saya telah mendirikan dua perusahaan besar bernilai MILIAR.
    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapat perubahan positif dalam hidup Anda, berikut ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda ragu, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu bahwa ini bukan sekadar cerita.
    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merampas uang susah payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semua scammers.
    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses yang sesuai, sekali lagi di sini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com, ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak ada yang lain selain kebenaran .

    ReplyDelete
  32. Apakah Anda memerlukan kredit mendesak?
    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal segera, sementara membiayai dalam waktu 24 jam setelah menerima informasi yang valid yang kami butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami ada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda,
    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara PBB.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mengatur bisnis Anda, membeli rumah, membeli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    Email Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram Resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: bantuan rossa stanley
    Hanya Panggilan: (+1) 2133153118 Hanya Panggilan
    Whats-app: (+ 1) 9145295708 Obrolan Saja
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

                                                    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status Perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) Penghasilan Bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Nama Facebook:
    13) nomor aplikasi-Whats:
    14) Agama:
    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

INFORMATION

INFORMATION
Untuk informasi dan kontak, silakan hubungi email : mail.earthcircus[at]gmail.com atau bisa juga dikontak via DM Instagram: @addie_valent

Total Pageviews

Copyright

Tulisan yang dimuat pada situs ini adalah pandangan pribadi penulis yang bersifat opini dan personal. Semua konten yang dibuat di situs ini hanya ditujukan untuk membagi informasi dan rekreasi semata. Penulis tidak bertanggungjawab pada segala bentuk ketidak-akuratan maupun kelalaian penggunaan informasi yang ada pada halaman situs ini.

Kecuali disebutkan lain, tulisan dan foto yang ada di blog ini adalah milik penulis. Pengutipan tulisan dan pemakaian foto untuk tujuan non-komersial diperbolehkan, namun harus mencantumkan referensi link ke situs ini.