TRAVELING - Jajanan Enak di Thailand - Part 2


Setelah mencicipi variasi hidangan pembuka dan menu utama sembari berkeliling kota, ada baiknya kita santap panganan ringan yang rasanya gak kalah enaknya. Di bawah ini, saya sudah merangkum jajanan enak yang saya beli sewaktu berkunjung ke sana. Yuk, disimak daftar jajanan enak di Thailand bagian 2.
Tips dari saya adalah cermatlah sebelum membeli makanan di Thailand karena bisa jadi salah satu bahannya mengandung unsur yang tidak bisa atau boleh kamu makan.
 
POPIA THOT

Dilihat dari bentuknya saja, saya langsung familiar dengan sosok lumpia yang pernah saya beli waktu kerja di Semarang. Isinya terdiri dari berbagai macam sayuran dan pilihan daging. Di Thailand sendiri ada 2 tipe popia yaitu popia sot yang fresh tanpa digoreng dan popia thot yang digoreng. Kebetulan yang saya coba waktu itu adalah popia thot. Kalau beli 1 buah harganya Baht 20, tapi kalau langsung beli 3 buah cuma perlu bayar Baht 50.


GAI YANG

Jajanan ini bisa ditemukan hampir di semua sudut jalan. Makanan yang termasuk ke dalam kategori panganan ringan ini biasanya langsung dimakan begitu saja atau bisa juga dilengkapi dengan sticky rice. Variasinya pun bermacam-macam, ada yang berupa chicken wings, liver, gizzard, dan lainnya. Semuanya dilumuri dengan saus barbekyu yang gurih manis, lalu dibakar sebelum dihidangkan ke pembeli. Kebetulan yang saya makan itu adalah gai yang yang terbuat dari daging atau jeroan ayam. Ada juga pilihan daging babi yang dibakar persis seperti makanan ini, namanya adalah moo ping. Awas, jangan sampai tertukar ya. Satu tusuk jajanan ini berkisar dari Baht 5 sampai Baht 20, tergantung ukurannya.


PLA MUEK YANG

Nah, ini adalah juaranya di antara semua jajanan tusuk yang saya coba. Cumi segar yang masih utuh direndam dalam bumbu kuning lalu ditusuk dengan wooden skewer kemudian dibakar di atas arang sampai matang. Setelah itu disiram dengan dipping sauce yang rasanya asam-pedas-manis dengan potongan cabe dan mangga muda di dalamnya. Saya masih ingat banget waktu pertama kali tiba di Bangkok, ini adalah jajanan yang pertama kali saya cicipi dan langsung jatuh cinta dengannya. Pokoknya kamu mesti cobain makanan yang satu ini. Harga satu tusuk cumi bakar sekitar Baht 35, tapi waktu itu saya beli 3 tusuk cuma bayar Baht 100 saja. Lumayan diskon Baht 5.


FRIED MEAT AND SEAFOOD SKEWERS

Entahlah berapa banyak sate tusuk yang saya makan selama wisata kuliner di sana. Banyak banget jajan ini itu, terutama aneka sate-satean. Padahal di Jakarta, jarang banget beli beginian. Anyway, jangan tanya saya soal namanya ya, soalnya udah malas tanya-tanya waktu itu gara-gara kecapekan jalan kaki. Sate tusuk ini ada beraneka macam, ada yang dari olahan daging ayam, sapi, ikan, udang, kepiting dan sebagainya. Biasanya mereka pasang spanduk kecil yang ada tulisan bahasa inggrisnya di gerobak atau tenda mereka, jadi orang-orang bisa pilih mau yang mana. Harganya mulai dari Baht 5 sampai Baht 20 per tusuknya.


JA MONGKUT

Bahan utamanya antara lain tepung gandum, kuning telur, gula dan santan. Ja mongkut memiliki bentuk seperti mahkota sehingga konon katanya hanya disajikan pada keluarga kerajaan saja pada zaman dahulu. Kue ini rasanya manis dengan tekstur agak kenyal. Harganya sekitar Baht 40 per bungkus.


FOI THONG

Kue yang satu ini dibuat dari kuning telur yang direbus bersama dengan sirup gula, makanya rasanya manis banget dan lengket di tangan. Foi thong sendiri punya makna keberuntungan yang tidak berkesudahan karena bentuknya seperti benang emas. Jika ada yang memberikan kue ini untuk kamu, itu tandanya ia mendoakan kamu supaya bisa dapat keberuntungan yang tiada tara. Harga sebungkusnya Baht 40.


LOOKCHOUP

Bentuknya seperti miniatur buah dan sayur-mayur di pasar. Terbuat dari yellow bean paste yang diolesi dengan agar-agar bening supaya terlihat lebih glazy. Ketika digigit akan memberikan kesan kenyal di luar namun lembut di dalam. Rasanya sendiri seperti makan onde-onde kacang hijau. Harganya sekitar Baht 40.

CHA YEN

Kalau yang ini sih, saya sering banget minum. Cha yen atau yang lebih akrab dengan sebutan thai tea memang cocok diminum ketika cuaca panas melanda. Bukan rahasia lah ya kalau Thailand itu panasnya luar biasa, bahkan lebih panas dari Jakarta. Untungnya dimana-mana banyak yang jual, jadi bisa langsung mampir terus minum yang dingin-dingin. Rasanya semakin enak ketika ditambahkan potongan jelly di dalamnya, jadi sekalian bisa menunda lapar. Segelas thai tea bisa kamu dapatkan dengan harga Baht 25 untuk yang ukuran medium dan Baht 35 untuk ukuran large.


MANGO JUICE

Minuman ini juga banyak dijual di mana-mana. Harganya Baht 30 per botolnya. Pilihannya sebenarnya bukan hanya jus mangga tapi juga jus lainnya seperti jambu biji, jeruk, dan sebagainya. Tapi memang yang jadi favorit pemirsa adalah jus mangga.



COCONUT ICE CREAM

Pas jalan-jalan ke Khao San Road, saya tergiur untuk mencoba es yang satu ini. Benar saja, ternyata rasanya dingin-dingin enak. Perpaduan antara kelapa muda, es krim dan taburan kacang tanahnya asyik banget di lidah. Apalagi kalau ditambahkan dengan additional topping seperti nata de coco, jelly, marshmallow, saus coklat, buah segar dan lainnya. Soal harga jangan khawatir, cukup bayar Baht 50 untuk es yang satu ini.



KHAO NIAO MAMUANG

Kata orang, "save the best for last". Yang ini cocok banget buat dijadikan dessert pilihan kamu setelah menyantap berbagai hidangan yang rata-rata asam dan pedas. Manisnya mangga ditambah sticky rice yang disiram sama santan yang juga manis membuatnya tambah nikmat. Kalau mau buat sendiri di rumah pun mudah kok caranya. Jajanan ini lebih enak lagi kalau disajikan dingin dengan tambahan es krim sebagai pendampingnya, rasanya maknyus sekali. Harga jajanan ini adalah Baht 100 sampai Baht 140.

Bicara soal makanan Thailand, rasanya gak akan pernah habis karena banyak banget macamnya. Pesan saya cuma satu, "kamu mesti cobain paling tidak salah satu hidangan yang ada di daftar ini. Gak perlu khawatir soal harga, soalnya masih bisa dijangkau sama dompet mahasiswa seperti milik saya. Lol..

You Might Also Like

0 comments

INFORMATION

INFORMATION
Untuk informasi dan kontak, silakan hubungi email : mail.earthcircus[at]gmail.com atau bisa juga dikontak via DM Instagram: @addie_valent

Total Pageviews

Copyright

Tulisan yang dimuat pada situs ini adalah pandangan pribadi penulis yang bersifat opini dan personal. Semua konten yang dibuat di situs ini hanya ditujukan untuk membagi informasi dan rekreasi semata. Penulis tidak bertanggungjawab pada segala bentuk ketidak-akuratan maupun kelalaian penggunaan informasi yang ada pada halaman situs ini.

Kecuali disebutkan lain, tulisan dan foto yang ada di blog ini adalah milik penulis. Pengutipan tulisan dan pemakaian foto untuk tujuan non-komersial diperbolehkan, namun harus mencantumkan referensi link ke situs ini.