EVENT - JALANG : I'm NXt Like The Other Girls



Jalang1/ja·lang/ a 1 tidak dipelihara orang (tentang binatang); liar: di daerah itu masih terdapat kerbau --; 2 nakal (tentang perbuatan yang melanggar susila): perempuan -- , pelacur.

Setidaknya begitulah arti kata Jalang yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring. Tapi Jalang yang satu ini berbeda



Perkumpulan ini dibentuk atas gagasan beberapa orang anak muda yang sejatinya lelah dengan situasi yang belakangan ini terjadi di masyarakat, terutama untuk hal-hal yang menyangkut tentang perempuan. Dari kegusaran itu pula, mereka akhirnya menjadi garang dan terciptalah JALANG atau Jaringan Yang Lelah dan Garang.

Seperti dikutip dari akun instagram mereka, @theothergxrls, tujuan JALANG didirikan adalah untuk memberikan sebuah ruang aman bagi individu yang sudah jengah dengan hegemoni patriarki yang terus tumbuh semena-mena saat ini.

"Halo! Perkenalkan, kami Jalang, sebuah kolektif nirlaba. Kami sedang mencoba mengubah masyarakat kita yang patriarkis ini dengan membuat ruang aman untuk individu-individu yang bukan laki-laki hetero dan cis. Kami lagi merencanakan banyak hal yang seru, jadi pantau terus akun ini!"



Laras Andari, salah satu pengagas JALANG mengatakan bahwa acara ini berawal dari sekadar obrolan biasa yang kemudian berubah menjadi ide brilian untuk membuatnya menjadi sebuah acara diskusi, pembacaan puisi dan pertunjukan musik bertajuk I'm NXt Like The Other Girls. Ia juga menyebutkan bahwa seluruh keuntungan dari acara ini akan disumbangkan ke Pundi Perempuan yang menangani persoalan kekerasan terhadap perempuan.

"Motivasi (acara ini) pertamanya selain untuk perempuan, juga lama-lama (akan membahas) tentang isu lainnya yang sedang berkembang, tapi juga dicampur dengan adanya art, poetry reading. (Lewat acara ini) kami juga ingin melakukan pendekatan ke publik bahwa perempuan yang menyuarakan opininya itu bukan sesuatu yang agresif atau menentang segala hal."




"Akan ada pembacaan puisi dan pertunjukan musik. Selain itu, juga ada diskusi-diskusi soal proses kreasi seorang perempuan, budaya kencan generasi millennial (tapi ya ujung-ujungnya kita udah pasti bakal mengeluhkan hal yang sama: seksisme dan misogini). Acaranya mulai jam 17.00 di Mondo by the Rooftop. Dateng yah!", tulis Katy di situs Vice Indonesia.

Acara ini dibuka oleh penampilan duo Fajar dan Stacey yang membawakan puisi dan lagu gubahan sendiri yang dinyanyikan secara perdana, kemudian disusul oleh pembacaan puisi dari Rain Chudori. Setelah rehat sejenak, dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dimoderatori oleh Katy dengan pembicara Bisik-bisik Kembang Goyang mengenai isu-isu perempuan yang beredar saat ini. 



"Gue senang bisa dapat kesempatan untuk akhirnya membawakan karya sendiri di depan publik, karena selama ini kan gue lebih sering tampil untuk baca puisi. Jadi bahwa akhirnya bisa tampil dan nyanyi lagu-lagu sendiri juga, rasanya kayak pencapaian tersendiri aja. Apalagi di acara dan venue yang emang keren dan sesuai dengan estetika gue", komentar Fajar usai menyanyikan beberapa lagunya di hadapan penonton. 

Sederetan nama performer lainnya seperti Gauraa, Kezia Alaia, Laras, dan Kalista juga turut ambil bagian dalam acara malam itu. Salah satu performance art yang bikin heboh pengunjung adalah Write On Me yang dilakukan oleh Laras, di mana setiap pengunjung boleh menuliskan kata-kata penyemangat atau dukungan terhadap perempuan atau bisa sesuatu yang lebih personal di tubuhnya.




Roberto, seorang pengunjung yang tengah asyik menonton diskusi menarik tentang dating apps turut mengomentari acara yang diadakan pada tanggal 23 September lalu tersebut, "Gue suka diskusinya, kalau soal konsep gak ada masalah. Also having an open mic thing would be fun, jadi lebih participatory. Gue suka diskusi tentang dating sites. Untuk performance, gue suka penampilan Stacey yang cover I am Light dari India Arie. (Ruangannya) panas tapi menyenangkan. Great people, music and space."

Di penghujung acara yang digelar di Mondo by The Rooftop itu, Real Life Memes tampil memukau dan sempat memecahkan suasana dengan membawakan cover dari Band Of Nothing dan Fall Out Boy's Sugar We're Going Down

*ditulis oleh Addie
 

You Might Also Like

0 comments

INFORMATION

INFORMATION
Untuk informasi dan kontak, silakan hubungi email : mail.earthcircus[at]gmail.com atau bisa juga dikontak via DM Instagram: @addie_valent

Total Pageviews

Copyright

Tulisan yang dimuat pada situs ini adalah pandangan pribadi penulis yang bersifat opini dan personal. Semua konten yang dibuat di situs ini hanya ditujukan untuk membagi informasi dan rekreasi semata. Penulis tidak bertanggungjawab pada segala bentuk ketidak-akuratan maupun kelalaian penggunaan informasi yang ada pada halaman situs ini.

Kecuali disebutkan lain, tulisan dan foto yang ada di blog ini adalah milik penulis. Pengutipan tulisan dan pemakaian foto untuk tujuan non-komersial diperbolehkan, namun harus mencantumkan referensi link ke situs ini.