TRAVELING - Jajanan Enak di Thailand - Part 1


Dari awal mula pergi ke Thailand, saya memang sudah meniatkan diri untuk mencoba jajanan enak di sana. Cita rasa makanan yang kaya akan sensasi asam, gurih dan pedas membuatnya berbeda dari masakan Indonesia sehari-hari. Dan kebetulan saya memang suka sekali dengan makanan Thailand, jadi perjalanan ini membuat saya semakin bersemangat.

Setelah membuat daftar yang serba murah di Thailand sebelumnya, sekarang saya akan sebutkan daftar makanan apa saja yang patut dicoba. Tips dari saya, sebaiknya kamu jajan di pasar malam atau tenda kaki lima saja supaya bisa dapat harga yang lebih miring dari restoran. 55555+
SOM TUM

Ini adalah sejenis salad yang terdiri dari parutan pepaya muda, kacang panjang, daun kemangi dan ada juga yang ditambahkan kol atau tomat. Bahan pendamping lainnya adalah udang, kepiting, atau kacang tanah. Makanan ini cocok sekali dijadikan sebagai hidangan pembuka karena rasa asam pedasnya bisa membuat kamu ingin segera menyantap makanan selanjutnya. Ada berbagai jenis som tum, mulai dari som tum thai, som tum bu atau som tum lao sai pla ra. Harganya sekitar Baht 40 saja.
 
YUM WOON SEN

Masih bicara tentang salad, hidangan yang satu ini juga gak kalah terkenal dari salad pepaya muda. Bahan utama salad ini adalah bihun dan udang yang dicampur saus khas Thailand. Sama seperti som tum, makanan ini merupakan salah satu hidangan klasik masyarakat di sana yang bisa didapatkan dengan harga Baht 40.


TOM YUM

Siapa tak kenal makanan satu ini? Tom yum adalah makanan Thailand yang paling terkenal di seluruh dunia. Banyak restoran asia yang memasukkannya ke dalam daftar menu mereka walaupun mereka bukan spesialis hidangan Thailand. Rasanya asam pedas dengan sensasi segar di mulut dan beraroma sedap. Makanan ini kaya akan berbagai macam seafood mulai dari udang, bakso kepiting, bakso ikan, dan cumi serta beberapa sayuran lainnya. Harganya bervariasi mulai dari Baht 80 sampai Baht 130.



PAD THAI

Hidangan pembuka sudah dicoba, sekarang kita beralih ke makanan utama yang berbahan dasar kwetiau ini. Sewaktu jalan-jalan di kawasan Khao San Road, saya menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan pad thai. Dari ujung jalan satu ke ujung jalan lainnya, penuh dengan jajanan yang satu ini. Untuk campurannya sendiri bisa pilih ayam, udang, sayuran dan lainnya. Kalau di Jakarta, makanan ini disebut dengan kwetiau goreng. Jangkauan harganya sekitar Baht 80 hingga Baht 120.

Baca juga : Terbuai Keindahan Kota Bangkok



PAD WOON SEN

Kalau pad thai tadi berbahan dasar kwetiau, nah yang ini terbuat dari bihun yang digoreng. Campurannya pun bermacam-macam, tergantung selera masing-masing. Harganya juga sama dengan pad thai.



GAI PAD KHIAO WAN

Menu yang satu ini paling pas disantap dengan nasi putih hangat. Terdiri dari potongan daging ayam yang dicampur dengan sejenis terong dan seafood yang dimasak menggunakan bumbu kare bersantan. Itulah mengapa makanan ini disebut sebagai ayam kare hijau. Rasa jeruk nipisnya kuat banget, bikin saya jadi mau makan banyak rasanya. Satu porsi hidangan ini sekitar Baht 120.



GAI PAD PRIK GAENG

Nama lain dari makanan ini adalah stir fried chicken with chili paste and green beans. Panjang ya namanya, hahaha. Tapi jangan salah, ini rasanya enak cuma memang terasa sedikit lebih pedas daripada menu di atas. Harganya sekitar Baht 120. Kebetulan selama di Thailand, saya lebih banyak jalan kaki daripada naik bus supaya makin irit ceritanya. Bahkan untuk mencapai satu tempat tujuan saja, ada yang bisa makan waktu 1,5 jam bahkan lebih. Lalu akhirnya saya melipir lah ke salah satu restoran terdekat. Rasa capeknya langsung hilang seketika setelah kenyang makan hidangan ini. Yaiyalah..



KHAO PAD

Belum pas rasanya kalau belum icip-icip nasi goreng khas Thailand alias khao pad. Nasi gorengnya punya banyak nama tergantung bahan campurannya. Seperti khao pad poo yang isinya suwiran daging kepiting, lalu ada khad pad goong atau biasa disapa nasi goreng udang dan lainnya. Harga per porsinya mulai dari Baht 90.



GUAY TEOW RHUA

Suguhan hidangan ini mirip dengan mie ayam yang sering saya makan di Jakarta. Di atasnya diberi topping potongan daging, bakso dan fried pork belly yang rasanya semakin menambah gurih kuahnya. Dalam bahasa Indonesia, nama makanan ini disebut mie perahu karena dulu masyarakat Thailand menjajakan makanan ini di atas perahu. Satu porsi guay teow rhua ini dijual dengan harga Baht 40 yang terdiri dari berbagai pilihan mie seperti mie kuning, bihun dan kwetiau. Saya enggak sengaja nemu pedagang yang jualan makanan ini gara-gara nyasar pas mau pulang ke hostel. Kiosnya itu gak meyakinkan padahal, tempatnya kecil dan cuma punya 3 meja saja. Tapi begitu coba mienya, enak rasanya. So, dont be deceived by the look ya.

Berhubung banyak sekali makanan yang enak di sana, saya pisahkan rekomendasi ini menjadi 2 bagian. Bagian yang pertama ini memuat beragam hidangan pembuka dan menu utama yang mengenyangkan. Lalu di bagian kedua, saya akan menuliskan beberapa rekomendasi panganan ringan dan dessert yang patut dicoba.

(bersambung ke : Jajanan Enak di Thailand Part 2)

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive

Total Pageviews

BROUGHT TO YOU BY

BROUGHT TO YOU BY