TRAVELING - Main Air di Curug Cibadak


Kalau kamu sedang berkemah di Suaka Elang Loji, janganlah lupa untuk merasakan kesegaran air di Curug Cibadak. Jaraknya hanya beberapa kilometer dari hutan pinus yang ada di penangkaran burung pemangsa tersebut. Untuk dapat mencapainya, kamu hanya perlu mengikuti jalur mendaki dari arah hutan pinus. Namun, kamu harus sangat berhati-hati karena jalannya sempit dan mudah longsor di beberapa bagian. Kebanyakan jalannya hanya berupa gundukan tanah di pinggir jurang yang dipenuhi semak dan sebagian didominasi oleh bebatuan yang licin. Kawan saya bahkan sempat beberapa kali tergelincir jatuh saat mendaki jalan itu.


Curug ini memiliki air yang sangat jernih dan dingin, namun arusnya tidak begitu deras. Curahan air yang jatuh dari atas tebing pun memiliki volume yang tidak terlalu banyak sehingga aman untuk dijangkau. Uniknya lagi, di curug ini terdapat sebuah penampungan air seperti jacuzzi alami yang bisa digunakan untuk berendam. Sewaktu saya menyeburkan diri ke dalam kolam air tersebut, saya agak lumayan kaget karena ternyata tempatnya lumayan dalam.


Buat kamu yang mau berkunjung ke Curug Cibadak dalam waktu dekat, yuk simak beberapa saran berikut ini. Pertama, perhatikanlah cuaca pada saat kamu ingin menjangkau tempat tersebut. Bogor dikenal sebagai kota dengan curah hujan yang tinggi sehingga hujan bisa turun kapan saja. Cari alternatif hari yang cerah sepanjang waktu. Ini adalah faktor yang penting karena kondisi curug akan lebih indah dinikmati pada hari yang cerah. Selain itu, air curug yang mengalir setelah hujan turun biasanya berwarna kecoklatan. Kamu pasti gak mau kan sudah lelah mendaki bukit tapi malah dapat zonk. Di samping itu, jalanan menuju ke atau dari arah curug akan menjadi lebih licin dari biasanya.


Kedua, pergilah pada pagi atau siang hari. Masih berkaitan dengan tips pertama, biasanya gerimis mulai turun pada sore hari. Selain itu, kabut biasanya juga akan mulai menyerbu pada saat menjelang matahari mau terbenam. Kamu gak mau kan tersesat di dalam hutan dan kedinginan. Uhukkk..


Ketiga, bawalah stok logistik secukupnya. Walaupun perjalanan ke arah curug tidak begitu lama, tidak ada salahnya membawa sedikit camilan dan air minum untuk dikonsumsi sendiri atau bersama-sama. Apalagi kalau mau berlama-lama bermain air di sana, perut bisa keroncongan kan. Dan ingat, jangan meninggalkan sampah apa pun di kawasan wisata. Siapkan selalu kantong plastik sampah dan buanglah sampah tersebut di lokasi yang sudah disediakan oleh pengurus tempat wisata.

Selain Curug Cibadak, masih banyak lagi lho kawasan lain yang mempunyai curug yang patut untuk dikunjungi. Salah satu diantaranya adalah Curug Lembah Pelangi dimana kamu bisa mencoba rappelling sepuasnya.

Catatan Perjalanan:
- Tiket masuk ke kawasan wisata = Rp. 5,000.- per orang

Disclaimer:
- Beberapa foto diambil dari internet.

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive

Total Pageviews

BROUGHT TO YOU BY

BROUGHT TO YOU BY