TRAVELING - Kuburan Kereta Purwakarta


Kalau jalan-jalan ke Purwakarta menggunakan kereta api, jangan lupa mampir ke Kuburan Kereta ya. Lho kok serem sih!

Ada sebuah area yang sangat menarik untuk diceritakan selepas saya trip di sana yaitu Kuburan Kereta Api yang terletak di bagian samping Stasiun Purwakarta. Wait, jangan takut dulu ya. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah lahan penempatan gerbong kereta yang sudah tidak dipakai lagi. Dari mulai kereta komuter kelas ekonomi hingga yang ber-AC dikumpulkan di sini.



Kereta-kereta tersebut memang sudah tidak lagi dipakai oleh PT. KAI karena sudah tua dan tidak ada lagi suku cadangnya. Menurut Kepala Humas DAOP I PT. KAI, Agus Komarudin, di sana terdapat 180-an gerbong kereta api bekas yang disusun memanjang dan bertingkat layaknya mainan Lego.



Warna-warna cat yang mencolok membuatnya tampak indah untuk dilihat bak sebuah etalase toko yang memanjakan mata. Beberapa bagiannya pun dihiasi oleh grafiti yang vibrant. Sayangnya, area ini memiliki akses terbatas untuk bisa dilihat secara dekat. Namun, bukan berarti pengunjung tidak boleh mengabadikannya melalui jepretan kamera. Kita masih bisa memotretnya dari kejauhan, tetapi harus tetap waspada akan kedatangan kereta yang hendak masuk ke dalam stasiun.



Saat kami mengunjungi tempat itu, rasanya menakjubkan sekali; seperti berada di dalam sebuah set film misteri. Kondisi interior kereta tersebut pun sudah rusak, banyak pecahan kaca dan lubang dimana-mana. Mungkin karena tampak berbahaya, area ini jadi dilarang untuk dikunjungi. Namun di sisi lain, melihat sesuatu yang jarang dilihat seperti ini membuat kami merasa takjub sekali. Konon katanya kereta-kereta tersebut berasal dari tahun 1980-an sehingga memang tidak layak lagi untuk digunakan. Beberapa suku cadangnya pun sudah dipreteli dan digunakan untuk kebutuhan kereta lain. Setelah puas berfoto di tempat ini, bisa dilanjutkan lagi dengan menjejaki destinasi lainnya yang ada di Purwakarta.

Jadi kalau lagi berkunjung ke Stasiun Purwakarta atau sekedar transit saja, tidak ada salahnya mampir dan berfoto di spot ini ya.

Biaya Perjalanan:
- Kereta Api dari Pasar Senen, Jakarta ke Purwakarta Rp. 67,000.-
- Bisa juga pakai kendaraan pribadi


Disclaimer:
- Sebagian foto di atas milik kawan saya, Eka Bahari Harahap

You Might Also Like

0 comments

INFORMATION

INFORMATION
Untuk informasi dan kontak, silakan hubungi email : mail.earthcircus[at]gmail.com atau bisa juga dikontak via DM Instagram: @addie_valent

Total Pageviews

Copyright

Tulisan yang dimuat pada situs ini adalah pandangan pribadi penulis yang bersifat opini dan personal. Semua konten yang dibuat di situs ini hanya ditujukan untuk membagi informasi dan rekreasi semata. Penulis tidak bertanggungjawab pada segala bentuk ketidak-akuratan maupun kelalaian penggunaan informasi yang ada pada halaman situs ini.

Kecuali disebutkan lain, tulisan dan foto yang ada di blog ini adalah milik penulis. Pengutipan tulisan dan pemakaian foto untuk tujuan non-komersial diperbolehkan, namun harus mencantumkan referensi link ke situs ini.