EVENT - Supersonik: Sisir Tanah X Jason Ranti


Suka mendengarkan musik folks? Kalau iya, pasti kamu sudah akrab dengan Silampukau, Stars and Rabbit, Tiga Pagi atau Banda Neira dong ya. Tertarik untuk mendengarkan sesuatu yang baru? Coba dengarkan Sisir Tanah!

Musisi asal Jogjakarta ini baru saja mengeluarkan album perdananya setelah tahun lalu tampil memukau lewat gelaran musik Supersonik: Future Folks Vol. 1 di Institut Francais Indonesia bersama dengan beberapa artis lokal independen lainnya. Materi musiknya yang ajaib berhasil memikat hati para penikmat genre musik ini. Saya sendiri merasa tersihir dan ikutan jadi emosional sewaktu melihatnya memainkan gitar.


Sederhana, itulah satu kata yang dapat menggambarkan sosok musisi dengan nama lengkap Bagus Dwi Danto ini. Melalui nama panggung Sisir Tanah, ia mulai membagikan karya apiknya pada tahun 2010 lewat akun Soundcloud miliknya dan kerap tampil di beberapa acara musik lokal.

"Subtil dengan lirik yang begitu dalam, penuh perenungan, terkadang begitu lugas menyatakan pesan, namun terkadang begitu absurd dan sulit dimengerti hanya dengan dibaca sekali. Sisir Tanah adalah pengejawantahan dari apa yang Albert Camus sebut sebagai absurditas, bahwa hidup ini aneh, membingungkan, namun dengan tegas kita manusia menyatakan bahwa hidup memang harus dihadapi.", tulis Aris Setyawan di jakartabeat.net yang berjudul Merenungi Absurditas Sisir Tanah, 2013.



Debut album perdana ini seolah-seolah menjadi sebuah jawaban dari penantian panjang para penikmat musiknya. Dibantu oleh Leilani Hermiasih dari Frau dan Risky Summerbee, akhirnya album ini bisa ditelurkan lewat Yayasan Kajian Musik Laras pada April 2017. Dalam muatan albumnya, Sisir Tanah juga dibantu oleh beberapa musisi lainnya seperti Ragipta Utama, Nadya Hatta, Faizal Aditya Rachman, Indra Agung Hanifah, Erson Padapiran, dan Jasmine Alvinia Savitri dengan arahan musikal dari Doni Kurniawan (Alldint, Risky Summerbee and the Honeythief, Music For Everyone).

Salah satu lagu andalan dalam album perdananya yang sering dibawakan adalah Lagu Bahagia yang bercerita tentang rasa cinta yang dimiliki seseorang serta perjuangan dalam meraihnya. Ia pun secara aktif mengajak para penonton untuk menyanyikan reff lagu tersebut secara bersama-sama.


"Melalui lagu ini, Sisir Tanah ingin mengajak siapa saja yang mendengarnya untuk menjaga semangat hidup serta merayakan cinta dengan terus menyalakan harapan dan memperjuangkan apa yang menjadi tujuan hidup mereka.", seperti dikutip dari Rolling Stone Indonesia.

Penampilan Sisir Tanah di auditorium IFI Thamrin kamis malam lalu merupakan sajian pembuka tur musiknya lewat tajuk Harus Berani Tour 2017 yang rencananya akan berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia. Wow!

Sebagai pembuka konser mini Harus Berani, Danto ditemani musisi yang tak kalah keren nan nyentrik yaitu Jason Ranti. Petikan gitar yang dinamis dan tiupan harmonika yang menggebu-gebu mewarnai seisi auditorium kala itu. Ditambah lagi dengan tata cahaya yang kemerahan membuat suasana semakin memukau. Tapi bukan Jeje namanya, kalau ia tidak bisa membuat penonton tertawa lepas saat menyaksikannya tampil di panggung. 

Dengan latar belakang anak kecil menari-nari setengah telanjang dan slide presentasi yang berisi foto-foto unik, Jeje sukses mengocok perut para penikmat musiknya. Cemerlang mungkin kata yang cocok untuk disandangnya. Lirik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dibungkus dengan diksi jenaka membuat setiap lagunya menjadi sebuah karya seni yang patut diapresiasi.


Sebenarnya, Jeje juga baru mengeluarkan album yang berjudul Akibat Pergaulan Blues yang berisi lagu-lagu andalannya seperti Stephanie Anak Senie, Doa Sejuta Umat, Variasi Pink, Bahaya Komunis dan sederetan judul lainnya. Mantan gitaris Stairway to Zinna ini awalnya merasa nyasar menjadi pemain solo setelah proyek band-nya itu tersendat di tengah jalan. Namun, ia mengaku justru malah keenakan dengan tampil sendiri membawakan materi miliknya.

Kombinasi sarkasme ala Jason Ranti dan balada emosional Sisir Tanah menjadi sebuah penampilan nano-nano yang brilian malam itu. Saya pribadi sangat merekomendasikan untuk menonton kembali penampilan mereka berdua di gelaran musik berikutnya. Jadi kalau kamu penasaran sama isi materi yang mereka bawakan, coba pantengin aja jadwal Harus Berani Tour 2017 lainnya. Sampai jumpa di panggung selanjutnya ya! (Addie)

You Might Also Like

0 comments

INFORMATION

INFORMATION
Untuk informasi dan kontak, silakan hubungi email : mail.earthcircus[at]gmail.com atau bisa juga dikontak via DM Instagram: @addie_valent

Total Pageviews

Copyright

Tulisan yang dimuat pada situs ini adalah pandangan pribadi penulis yang bersifat opini dan personal. Semua konten yang dibuat di situs ini hanya ditujukan untuk membagi informasi dan rekreasi semata. Penulis tidak bertanggungjawab pada segala bentuk ketidak-akuratan maupun kelalaian penggunaan informasi yang ada pada halaman situs ini.

Kecuali disebutkan lain, tulisan dan foto yang ada di blog ini adalah milik penulis. Pengutipan tulisan dan pemakaian foto untuk tujuan non-komersial diperbolehkan, namun harus mencantumkan referensi link ke situs ini.